Friday, June 3, 2011

Keanehan Socotra - Pulau Dajjal?

Salah satu kawasan digelar sebagai ‘neraka dunia’ adalah Socotra. Tidak diketahui kenapa ia dianggap sebagai Neraka Dunia. Sebagai pulau terbesar daripada empat pulau di Lautan Hindi, Socotra terletak kira-kira 240 kilometer ke timur Afrika Timur. Ia pulau terpencil dan satu pertiga daripada tumbuhan di situ, termasuk pokok gergasi tidak akan ditemui di tempat lain. Socotra amat aneh sehingga digambarkan sebagai tempat paling pelik di bumi.



KEANEHAN INI MENGUNDANG TANDATANYA BANYAK PIHAK KENAPA PULAU INI TIDAK MENDAPAT TEMPAT DI KALANGAN PELANCUNG, TERBIAR DAN TERSISIH WALAUPUN IA MEMPUNYAI BEBERAPA KELEBIHAN BERBANDING MANA-MANA TEMPAT LAIN DI DUNIA.

Kepulauan Socotra di Yaman yang dikenali juga sebagai 'The Roof of Arabia'. Yang sangat menarik ialah flora dan fauna serta landscape yang tak pernah kita tengok di tv atau pun media cetak sebelum ini. Kepulauan Socotra baru saja di calonkan sebagai 'one of the new seven wonders of the word'. UNESCO pula mengiktiraf Socotra Island sebagai 'world heritage site' baru-baru ini.


Pulau Socotra yang terletak kira-kira 210 meter di luar Semenanjung Arab. Socotra merupakan DUNIA ASING � bagi penduduk Yaman sendiri. Penduduk di situ menggunakan bahasa mereka yang tersendiri iaitu bahasa Soqotri. Hanya akhir-akhir ini, pulau ini boleh dikunjungi dengan bot tetapi tetap terpisah dari dunia luar apabila musim monsun tiba dari bulan Jun hingga September.

socotra05

Pulau terpencil ini hanya didiami sekitar 40.000 orang. Nama Socotra itu sendiri diambil dari bahasa Sansekerta yang artinya “Pulau Kebahagiaan”. Banyak pohon dan tumbuhan di pulau ini termasuk dalam kategori flora endemis, yang artinya tidak ditemui di tempat lain di dunia selain di pulau Socotra. Bahkan ada beberapa varieti yang diprediksikan telah mencapai usia 20 juta tahun.



Kelainan kejadian di sebuah pulau di Laut Arab, muka laluan ke Teluk Eden. Ciptaan Allah Subhana Wa Ta'ala yang tidak terdapat di lain tempat di dunia.



Anehnya, walaupun Pulau Socotra mempunyai keistimewaan yang tidak terdapat di lain tempat, ia bukanlah satu lokasi tarikan pelancung. :
  • Pulau Socotra adalah pulau yang memiliki iklim tropika padang pasir. Panasnya mencapai sehingga 40 darjaht celcius.
  • Pulau Socotra adalah pulau yang dilindungi keasliannya, di sana hampir tidak dibangunkan jalan raya. Satu-satunya jalan yang ada di sana, hanya dibina kira-kira 2 tahun yang lalu melalui antara Pemerintah Yaman dan UNESCO.
  • Tidak banyak usaha dilakukan ubtuk menarik pelancung ke Pulau Socotra agar keaslian pulau Socotra terpelihara. Tiada kemudahan disediakan termasuk hotel atau tempat ristirahat di sana.



socotra07







Seakan Pokok Bonzai



socotra09



Dragon Blood

Lebih aneh apabila ada masyarakat yang mengaitkannya dengan penjara Dajjal. Pulau socotra, pulau terpelik didunia,. mempunyai spesis tumbuhan yang amat pelik, seperti dragon blood tree, atau pokok darah naga, getahnya berwarna merah. pokok 'Dragon Blood Tree'. Dalam bahasa tempatan Dam al-Akhawain bermaksud..'blood of the two brothers'. Pokok ini beharga kerana getah nya yang berwarna merah digunakan sebagai pembuatan ubat dan kosmetik. Pokok nya begitu cantik dan unik.Pokok Daragon's Blood ini ialah salah satu diantara 900 spesis pokok yang sangat pelik dan popular di pulau Socotra. Bila ke sini seperti pergi ke planet alien, teori sebahagian pengalisa menyatakan pulau ini mungkin tempat dajjal di kurung




Tidak dapat dipastikan kebenarannya kerana ia termasuk dalam kretria berita ghaib dan hanya berpandukan salah satu hadis yang menyebut tempat Dajjal dikurung ialah Laut Yaman. Wallahu a'lam.

Dracaena cinnabari - Koko Crater Botanical Garden - IMG 2295.JPG

.





Sejarah pulau Socotra
Nama socotra berasal dari bahasa sansekerta, 'sukhadhara dvipa' yang berarti "pulau kebahagiaan". Menurut sejarah, penduduk pulau socotra telah memeluk Kristen sejak tahun 52 setelah masehi. Pada abad 10, seorang ahli geografi Arab yang bernama Abu Muhammad Al-Hassan Al-Hamdani menyatakan bahwa pada masanya, penduduk Socotra majoriti memeluk agama Kristen. Konon mereka juga telah mempraktikkan ritual sihir kuno. 


Pada tahun 1507, armada Portugis mendarat di pulau ini. Tujuan mereka adalah untuk menghentikan perdagangan Arab dari Laut Merah ke Samudra Hindi serta untuk menghapuskan aturan-aturan Islam dalam perdagangan tersebut. Namun, invasi Portugis ini tidak berjaya karena penduduk setempat menentang mereka. Pada tahun 1511, pulau ini dikuasai oleh Kesultanan Mahra. 456 tahun kemudian, tepatnya pada tanggal 30 November 1967, Pulau Socotra menjadi bagian dari Republik Rakyat Yaman Selatan yang pada saat ini telah berubah menjadi Republik Yaman.

Geografi dan Iklim
Pulau Socotra termasuk tempat yang paling terpencil di dunia. Sebenarnya Socotra merupakan sebuah kepulauan. Pulau Socotra sendiri merupakan pulau utama, sedang 3 pulau kecil lainnya bernama pulau Abd Al Kuri, Pulau Samhah,dan Pulau Darsa. Puncak tertinggi di Pulau Socotra adalah pegunungan Haghier dengan ketinggian 1500m dari permukaan laut. Iklim di pulau ini diklasifikasikan sebagai iklim koppen dengan suhu tahunan rata-rata diatas 18 derajat Celcius.

Flora dan Fauna
Inilah yang membuat pulau ini begitu terkenal akan keeksotisannya, sekaligus menjadi misteri tersendiri. Karakteristik iklim dan geologi pulau ini yang unik menjadikan flora-flora yang tumbuh di pulau ini unik. Bahkan floranya termasuk tumbuhan endemik, jadi tumbuhan tersebut hanya ada di pulau Socotra. Ada pula beberapa tumbuhan yang terancam hidup di pulau ini. Flora dengan bentuk aneh sepertipohon Darah Naga (Dracanea Cinnabari) menjadi ikon khas pulau ini. Konon getah pohon ini digunakan penduduknya sebagai ubat dari segala penyakit. Flora unik lainnya adalah tanaman raksasa Dorstenia, Dendrosicyos, pohon Delima Socotra yang langka (punica protopunica).


Pohon Darah Naga


Naga berdarah-darah


Dorstenia Socotra

Disisi fauna, pulau ini juga memiliki spesies burung endemik seperti Socotra Starling Onychognathus Frater, Socotra Sunbird Nectarinia Balfouri, Socotra Sparrow Passer Insularis,dan Grosbeak Socotra Rhynchostruthus Socotranus. Ada juga Burung Penyanyi Socotra, incana incana. Kelelawar adalah satu-satunya mamalia asli pulau Socotra. Pulau ini juga memiliki spesies endemik terumbu karang. Akan tetapi hewan-hewan yang dibawa oleh manusia seperti ayam, kambing, sapi, dll dikhawatirkan akan merusak flora-flora asli pulau tersebut di masa depan.


Socotra Starling Onychognathus Frater


Socotra Sunbird Nectarinia Balfouri

Pengakuan Oleh UNESCO
Pulau ini diakui UNESCO sebagai satu warisan alam dunia pada Julai 2008. Perlindungan keterlaluan terhadap pulau ini hingga tidak dibangun fasiliti bagi pengunjung seperti hotel, restoran, dan bangunan lainnya meski pulau ini memiliki potensi sebagai tempat bercuti yang luar biasa.

Hal Lain Mengenai Pulau Ini
Bahasa asli penduduk di pulau ini adalah Bahasa Semit Soqotri yang hanya diucapkan di pulau Socotra. Terlepas dari keindahan alam Pulau Socotra, banyak ilmuwan yang tertarik dan meneliti pulau yang memiliki flora dan fauna yang boleh saya katakan "lain dari yang lain" . Sebahagian ilmuwan berpendapat flora dan fauna di pulau ini merupakan spesies yang hidup di masa lampau dan belum pernah diidentifikasi sebelumnya. Karena letak pulau yang terasing dari dunia luar dan karakteristik iklimnya yang unik, flora dan fauna ini masih bertahan hidup hingga saat ini. Demikianlah sekilas mengenai Pulau Socotra,dengan segala keunikan dan keindahan alamnya, tidak hairan jika UNESCO dan pemerintah Yaman bermati-matian mempertahankan keaslian pulau ini.

baca selengkapnya disini Fenomena Pulau Socotra | The Noock 
http://noock.blogspot.com 


Semuanya hak milik Allah, dan  hanya Dia sahaja yang benar-benar tahu setiap ciptaanNya.


......

/maklumat tambahan








Getting around can be a challenge, as there are almost no roads. Despite the fact that this island has around 40,000 inhabitants, the Yemeni government put in the first roads just 2 years ago - after negotiations with UNESCO, which has declared this island a World Natural Heritage Site. I would prefer a camel ride to what is bound to be a bumpy and slow 4x4 ride... It is a quiet and peaceful enclave in an otherwise troubled world. If you decide to visit there, you can forget about beachfront hotels and restaurants; this island is geared towards eco-tourism and sustaining the local economy and way of life.

This island is a birder's paradise as well, with 140 different species of birds, 10 of which are not found anywhere else in the world. A unique Socotra warbler, sunbird, starling, bunting, sparrow, and cisticola are among the ones found here. There are also Socotra Cormorants:

Want to see some fairy-tale (and possibly haunted) shipwrecks? There are diving tours available... Hopefully some IMAX crew will film it in all its glory one day.



To give you a glimpse of Socotra's and Yemen's in general totally unique architecture, check out this place located on the mainland: Al Hajarah, Yemen - Walled city in the mist







Socotra is one of those "lost world" islands (separated from the world six million years ago) where intrepid travellers - particularly those seeking exotic nature and wildlife in a remote tropical setting - can go days on end without rubbing shoulders with that less-than-endangered species: tourists. Known for decades as theGalapagos of the Indian Ocean, it's the world's tenth richest island for endemic plant species. And it's the biggest island in the Middle East…125 km in length and 45 km across. Meanwhile, the landscape is one of contrasts; for example, it has isolated nature preserves with dazzling wildlife, including 900 species of plants, the famous Dragon's Blood Tree "dracaena cinnabara," some of the rarest birds that exist nowhere else in the world, and picturesque sandy beaches.



The Socotra Archipelago lies 380 km to the south of Ras Fartak on the Arabian Sea coast of Yemen. It includes a group of islands – Socotra, Darsa, Samha and Abd Al Kuri. The western-most point of the Archipelago is just 80 km east of Cape Guardafui on the Somalia Peninsula.

With a total land area of 3625 m2, Socotra is the largest of four islands. The eastern and central parts of the island are dominated by high mountain ranges with 1,570 m peaks and valleys providing green refreshing oases, sometimes hidden.

Photos of Socotra...

 Home to unique species



Long ago the Socotra Islands were a part of Africa and Arabia, now separated by the Gulf of Aden. Its long isolation period lasted for at least 20 million years favored evolution and origination of new species.

The Islands are a home to a great number of endemic species. All the land mollusks, 90% of the reptiles and a third of the plants can be only met in this area. Its population of endemic bird species is the biggest on the Middle East.

Socotra - Pool


Owing to location at the northwest part of the Indian Ocean, east of the entrance to the Red Sea, the Islands are inhabited by exceptionally great variety of fish, corals and other invertebrates carried here by major ocean currents from nearby and far away seas.

Unique people



The Socotrans are cheerful and self-sufficient people with optimistic attitude to life in spite of severe living conditions. They speak a unique classical Semitic preliterate language, Socotri, that is very different from modern Arabic.









Isolated by seasonally bad weather and a lack of regular transport until recent years, the inhabitants of the Socotra Islands have not had practically influence from the modern world. Therefore, for survival the Socotra people have developed deep respect and understanding of their land and sea.



The Socotra Islands have global significance because of their evolutionary uniqueness, biological diversity and socio-cultural heritage. The Republic of Yemen with support of the United Nations and an alliance of governments implements a number of conservation and sustainable development programs, one of which is the Socotra Conservation Zoning Plan approved by the President of Yemen in 2002.The islands were recognized by the United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) as a world natural heritage site in July 2008. The European Union has supported such a move, calling on both UNESCO and International Organisation of Protecting Environment to classify the island archipelago among the environmental heritages.[1]



Tourism on Socotra; Socotrian Guides

Tourism on Socotra is at its early stage of development. Every year the island is visited by not more than 2000 tourists on average, which is still environmentally friendly for the present.

Socotra is a rather small island. It attracts people as a solitary place with rich landscapes not spoiled by the world progress. We do hope that at least in the near future Socotra will not lose its attractiveness because of its increasing popularity among tourists. However, we have to state that today already many popular camping sites have been spoiled by the tourist flow.

Socotra turns into a well-known and loved place. But you have to get clear understanding of the island visiting format, its living and food conditions before coming here.

We have pleasure to offer our guide services to those who want not only to take a rest on Socotra, but also to remember it as a Dream Island.

We arrange tours on Socotra in cooperation with the local guides having many years' experience with tourists from various countries. They are highly professional and can show you the most attractive places of island, tell about its nature, language and culture, as well as organize diving, trekking or special programs.
We can help you to book a standard tour with food and overnight accommodation in Hadiboh hotels (3-4*) and at camping sites with toilet and shower rooms.

Our individual and group tours are developed to show you a great many interesting places that are not included in usual tourist programs and, that is why, have preserved their absolute purity. We take care of you during the whole trip with paying special attention to food arrangements.



Socotra Goat


I was surprised to find tanks positioned all over the island of Socotra, I've no idea why they were here and if they were ever used. My understanding is that they are Soviet T-34 tanks, but I couldn't find any history about recent conflicts that took place in Socotra. It seems like instead of using these as tanks they dug them along the coast and used them as stationary turrents. Bellow are two different tanks I passed by.

Socotra - Soviet T-34 Tank


Socotra - Soviet T-34 Tank


more picture KLICK



29 comments:

hakimdanial123 said...

salam Tuan empunya blog..izinkan salin semula artikal..

abatasa said...

waalaikumussalam

Silakan saudara

emi nizam said...

salam..nk tanye kot2 anda tahu jawapannya...

pendudukan pulau ni x pernah keluar dari pulau tu ke mcm bjalan2 ke..shopping ke ke tanah2 besar lain?

mereka ni berbangsa apa? arab yaman ke african negro ke?

apakah agama anutannya kini? adakah masih beragama kristian dan xkan pula kawasan sekitarnya telah didatangai islam pulau itu langsung x sampai islam ke tmpatnya?

apapun sungguh pelek panoramanya...

wssalam :D

abatasa said...

WSalam

Ya memang pulau ini penuh misteri. Sebab itu digelar Neraka Dunia. Rakyat Yaman sendiri tidak suka ke sini memandangkan ia sukar pergi ketika perubahan angin monsoon dan tiada perdagangan. Pulau ini terpinggir dari arus pemodenan dan penduduknya hidup secara tradisional. Hanya sedikit sahaja yang beragama Islam. Bahasanya bukan bahasa arab seperti Yaman. Di Yaman sendiri ramai orang nasrani (orthodox) bukan sepertimana kristian di negara lain.

Anonymous said...

salam....untuk tuan empunya blok ini...sy sangat myukai hasil kerja anda...cantik,ringkas,padat n menarik.....

abatasa said...

salam kembali,

terima kasih, jangan lupa datang lagi dan hulurkan pandangan jika ada sebarang kekurangan.

Anonymous said...

salam
sangat menarik.adakah ini pulau yang disebutkan tempat dajjal dirantai selama 63 tahun?

sense said...

salam

tiada siapa dapat sahkan cuma andaian tetapi ia nampak macam betul kerana ia sangat ganjil.

akuBUKANkamu said...

salam, ad pengaruh hindu budha ker?? macam ad prasan gambo kuil tadi..

teja said...

salam.betul ke ni pulau dajjal.tp nmpak mcm ya sbb saya cari socrota island masuk imej.masuk laman blog luar negara yg ada gambar socrota island.member2 dia orang ada lambang2 dajjal jd saya cepat2 kuar balik sbb rasa x sedap ati takut kena sihir cabut iman.bukankah dajjal ni bapak segala sihir.

Anonymous said...

salam tt izin saya menyalinnya

abatasa said...

Salam kembali

Silakan saudara

Anonymous said...

Salam..tuan
aura kuat dari gambaran di kawasan gunung pulau itu...bayangan tenggelam timbul... entah mungkin dari perasaan saja..

saranghae kpop baNds said...
This comment has been removed by the author.
Anonymous said...

Salam,

Jangan esp kalau x cukup pendinding,dia bole kesan sapa2 yg nak scan dia.

Anony 3.28am

eden said...

yang ada gmbar kuil tu imej dari negara kemboja..imej itu popular kerana pernah masuk dalam filem Tonb Raider

cikguie said...

mohon kebenaran copy info ini.

ferdy irawan said...

ASSALAMU ALAIKUM WR-WB KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH ATAS BANTUAN AKI,JATI LUHUR KARNA NOMOR GHOIB/RITUAL JITU YANG AKI,BERIKAN 4D (8301) BENAR BENAR TEMBUS 100% DAN SAYA MEMENANGKAN 380 JUTA ALHAMDULILLAH, SAYA BISA MEMBELI RUMAH DAN MOBIL WALAUPUN SAYA CUMA PNS GOLONGAN 1B.INI ADALAH KISAH NYATA DARI SAYA.JIKA ANDA PENUH KEPERCAYAAN DAN KEYAKINAN SILAHKAN ANDA HUBUNGI LANGSUNG AKI, JATI LUHUR KARENA APAPUN KEADAAN ANDA JANGAN PERNAH BERPUTUS ASAH KALAU SUDAH WAKTUNYA TUHAN PASTI KASIH JALAN AMIN.

JIKA ANDA BUTUH ANGKA RITUAL 2D 3D 4D DI JAMIN 100% JEBOL ATAU PUNYA MUSTIKA GHAIB INGIN DIPAKAI MENARIK UANG BILAH BERMINAT HUB KI JATI LUHUR DI NMR (_+_6_2_8_5_2_2_9_4_8_7_8_5_5_) ATAU KUNJUNGI WEPSITE (KLIK) www.uangghaib.webs.com SAYA SUDAH
BUKTIKAN 3X THNKS ROOMX SOBAT
★ ★ ★ ★ ★ ★ ★ ★ ★
╔══╗═════╔╗═════
╚╗╔╬═╦═╦═╣╠╦╦╦╦╗
═║║║╩╣║║╬║═╣║║║║
═╚╝╚═╩╩╬╗╠╩╬╗╠═╝
═══════╚═╝═╚═╝══
★ ★ ★ ★ ★ ★ ★ ★ ★

Anonymous said...

@ferdy irawan

Mendapatkan rezeki dari sumber yang tidak halal, tiada berkahnya dan tidak diredhai Allah, ditambah pula dengan unsur-unsur syirik, adakah ini yang anda ingin berikan kepada keluarga anda?

Segeralah bertaubat, semoga Allah mengampunkan segala dosa yang kita lakukan... amin.

IBU HAYATI said...

Saya ibu hayati ingin berbagi cerita kepada anda semua bahwa saya yg dulunya cuma seorang TKW di HONGKONG jadi pembantu rumah tangga yg gajinya tidak mencukupi keluarga dikampun,jadi TKW itu sangat menderita dan disuatu hari saya duduk2 buka internet dan tidak disengaja saya melihat komentar orang tentan MBAH KABOIRENG dan katanya bisa membantu orang untuk memberikan nomor yg betul betul tembus dan kebetulan juga saya sering pasan nomor di HONGKONG,akhirnya saya coba untuk menhubungi MBAH KABOIRENG dan ALHAMDULILLAH beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor,dan nomor yg diberikan MBAH KABOIRENG meman betul2 terbukti tembus dan saya sangat bersyukur berkat bantuan MBAH KABOIRENG kini saya bisa pulang ke INDONESIA untuk buka usaha sendiri,,munkin saya tidak bisa membalas budi baik MBAH KABOIRENG sekali lagi makasih yaa MBAH dan bagi teman2 yg menjadi TKW atau TKI seperti saya,bila butuh bantuan hubungi saja MBAH KABOIRENG DI 085-260-482-111 insya ALLAH beliau akan membantu anda.Ini benar benar kisah nyata dari saya seorang TKW.. KLIK GHOB 2D 3D 4D 6D DISINI















Saya ibu hayati ingin berbagi cerita kepada anda semua bahwa saya yg dulunya cuma seorang TKW di HONGKONG jadi pembantu rumah tangga yg gajinya tidak mencukupi keluarga dikampun,jadi TKW itu sangat menderita dan disuatu hari saya duduk2 buka internet dan tidak disengaja saya melihat komentar orang tentan MBAH KABOIRENG dan katanya bisa membantu orang untuk memberikan nomor yg betul betul tembus dan kebetulan juga saya sering pasan nomor di HONGKONG,akhirnya saya coba untuk menhubungi MBAH KABOIRENG dan ALHAMDULILLAH beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor,dan nomor yg diberikan MBAH KABOIRENG meman betul2 terbukti tembus dan saya sangat bersyukur berkat bantuan MBAH KABOIRENG kini saya bisa pulang ke INDONESIA untuk buka usaha sendiri,,munkin saya tidak bisa membalas budi baik MBAH KABOIRENG sekali lagi makasih yaa MBAH dan bagi teman2 yg menjadi TKW atau TKI seperti saya,bila butuh bantuan hubungi saja MBAH KABOIRENG DI 085-260-482-111 insya ALLAH beliau akan membantu anda.Ini benar benar kisah nyata dari saya seorang TKW.. KLIK GHOB 2D 3D 4D 6D DISINI

denny tirta said...

Sinting

日月神教-任我行 said...

生鮮宅配 ssd固態硬碟 外接式硬碟 餐飲設備 製冰機 洗碗機 咖啡機 冷凍冷藏冰箱 蒸烤箱 關島機加酒 關島婚禮 關島蜜月 花蓮民宿 彈簧床 床墊 獨立筒床墊 乳膠床墊 床墊工廠 巴里島旅遊 巴里島spa推薦 巴里島機票 巴里島行程推薦 記憶體 產後護理之家 月子中心 坐月子中心 坐月子 月子餐 投資美國物業 美國租金報酬 美國房屋買賣 房地產投資說明會 美國房地產 美國置產須知 美國房屋物件 SD記憶卡

Jamal Ismail said...

Saya ingin berbagi cerita kepada anda bahwa saya ini JAMAL ISMAIL seorang TKI dari malaysia dan secara tidak sengaja saya buka internet dan saya melihat komentar IBU DARNA yg dari singapur tentan AKI SALEH yg telah membantu dia menjadi sukses dan akhirnya juga saya mencoba menghubungi beliau dan alhamdulillah beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor toto 6D dr hasil ritual/ghaib dan alhamdulillah itu betul-betul terbukti tembus dan menang RM.230.000 Ringgit ,kini saya kembali indon membeli rumah dan kereta walaupun sy Cuma pekerja kilang di selangor malaysia , sy sangat berterimakasih banyak kepada AKI SALEH dan jika anda ingin seperti saya silahkan Telefon AKI SALEH di 0853-95881177 Untuk yg di luar indon telefon di +62853-95881177, Atau KLIK DISINI
saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui AKI SALEH saya juga sudah bisa sesukses ini. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, ini adalah kisah nyata dari seorang TKI, Untuk yg punya mustika bisa juga di kerjakan narik uang karna AKI Ruslan adalah guru spiritual terkenal di indonesia. Untuk yg punya rum terimakasih atas tumpangannya.

Cara Menghilangkan Jerawat said...

Artikel yang sangat bermanfaat sekali, semoga artikel ini juga bermanfaat untuk orang yang sudah membaca.

.

buku termahal said...

mkasih gan

Sukardi wong jowo said...

Maaf sebelumnya jika lewat Tempat ini saya menceritakan kisah hidup saya niat saya hanyalah semata ingin berbagi tapi semua tergantung Anda percaya atau tidak yg jelasnya ini nyata tidak ada rekayasa……
Syukur alhamdulillah kini saya bisa menghirup udara segar di indonesia karnah sudah sekian lama saya ingin pulang ke kampung halaman namun tak bisa sebab,saya harus bekerja di negri orang (Arab Saudi) karna ada hutang yang harus saya bayar di majikan yaitu 157 juta untuk uang indo namun saya tidak pusing lagi sebab kemaring saya di berikan Info oleh seseorang yang tidak saya kenal,katanya kalau mengalami kesulitan baik dalam Kesehatan atau Ekonomi,Terlilit hutang silahkan minta bantuan sama
AKI DANU di Nomor telfon 082 390 678 649 di jamin bantuan beliau 100% …
Jadi saya beranikan diri menghubungi beliau dan menyampaikan semua masalah saya dan alhamdulillah saya bisa di bantu,kini semua hutang saya sama majikan di Saudi semua bisa terlunasi dan punya modal untuk pulang kampung,,,,
Jadi buat yang pengen seperti saya silahkan hubungi AKI DANU di nomor 082 390 678 649 Anda tidak usah ragu akan adanya penipuan atau hal semacamnya sebab saya dan yg lainnya sudah membuktikan keampuhan bantuan beliau kini giliran Anda trimahkasih



Butuh angka TOGEL 2D/3D/4D,SGP/HKG/MALAISYA/TOTO MAGNUM/DIJAMIN1OO% TEMBUS

SILAHKAN HUBUNGI AKI DANU (((((082 390 678 649))))

ANGKA GHOIB SINGAPURA 2D/3D/4D

ANGKA GHOIB HKG 2D/3D/4D

ANGKA GHOIB MALAISYA

ANGKA GHOIB TOTO MAGNUM,KUDA LARI,4D/5D/6D

ANGKA GHOIB LAOS,THAILAND

ANGKA GHOIB MACAU

ANGKA GHOIB VIETNAM
















Maaf sebelumnya jika lewat Tempat ini saya menceritakan kisah hidup saya niat saya hanyalah semata ingin berbagi tapi semua tergantung Anda percaya atau tidak yg jelasnya ini nyata tidak ada rekayasa……
Syukur alhamdulillah kini saya bisa menghirup udara segar di indonesia karnah sudah sekian lama saya ingin pulang ke kampung halaman namun tak bisa sebab,saya harus bekerja di negri orang (Arab Saudi) karna ada hutang yang harus saya bayar di majikan yaitu 157 juta untuk uang indo namun saya tidak pusing lagi sebab kemaring saya di berikan Info oleh seseorang yang tidak saya kenal,katanya kalau mengalami kesulitan baik dalam Kesehatan atau Ekonomi,Terlilit hutang silahkan minta bantuan sama
AKI DANU di Nomor telfon 082 390 678 649 di jamin bantuan beliau 100% …
Jadi saya beranikan diri menghubungi beliau dan menyampaikan semua masalah saya dan alhamdulillah saya bisa di bantu,kini semua hutang saya sama majikan di Saudi semua bisa terlunasi dan punya modal untuk pulang kampung,,,,
Jadi buat yang pengen seperti saya silahkan hubungi AKI DANU di nomor 082 390 678 649 Anda tidak usah ragu akan adanya penipuan atau hal semacamnya sebab saya dan yg lainnya sudah membuktikan keampuhan bantuan beliau kini giliran Anda trimahkasih



Butuh angka TOGEL 2D/3D/4D,SGP/HKG/MALAISYA/TOTO MAGNUM/DIJAMIN1OO% TEMBUS

SILAHKAN HUBUNGI AKI DANU (((((082 390 678 649))))

ANGKA GHOIB SINGAPURA 2D/3D/4D

ANGKA GHOIB HKG 2D/3D/4D

ANGKA GHOIB MALAISYA

ANGKA GHOIB TOTO MAGNUM,KUDA LARI,4D/5D/6D

ANGKA GHOIB LAOS,THAILAND

ANGKA GHOIB MACAU

ANGKA GHOIB VIETNAM

Sesya Karal said...

Artikel yang bagus sekali...!
Jenis jerawat | Penyebab jerawat | Menghilangkan jerawat jeruk nipis | Menghilangkan jerawat batu alami | Menghilangkan bekas jerawat cepat

muksal alfata said...

sangat indah....!!!!

pak sunang said...

DARI PAK SUNANG Syukur alhamdulillah saya ucapkan kepada ALLAH karna atas kehendaknya melalui AKI DARMO saya sekaran sudah bisa buka toko sendiri dan bahkan saya berencana ingin membangun hotel dan itu semua berkat bantuan AKI DARMO,saya tidak pernah menyanka kalau saya sudah bisa sesukses ini,atas bantuan AKI DARMO yang telah memberikan nomor selama 3x putaran dan alhamdulillah itu semuanya tembus bahkan beliau juga membantu saya dengan dana ghaib dan itu juga benar benar terbukti, AKI DARMO juga menawarkan minyak penarik kepada saya dan katanya minyak ini bisa digunakan untuk berbagai jenis keperluan dan baru kali ini saya temukan paranormal yang bisa dipercaya,,bagi teman teman yang ingin dibantu untuk dikasi nomor yang benar benar terbukti tembus atau dana ghaib dan kepengen ingin membeli minyak penglaris jualang silahkan hubungi AKI DARMO di 082-310-142-255 ini benar benar terbukti nyata karna saya sendiri yang sudah membuktikannya –ATAU KTIK ALAMAT BLOG AKI -http://pendidikan-merangin.blogspot.co.id

Post a Comment

Sila beri pandangan anda, elakkan dari kata nista atau kata-kata di luar peradaban. Pandangan Tulus dari anda amat dihargai, terima kasih.

Recent Posts

Entri di "King of the East"

 
Copyright 2009 abatasa ii. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates. WP by Masterplan